Selasa, 12 Mei 2009

Tips belajar berenang buat si kecil


Tidak perlu ragu untuk mengajari bayi Anda berenang, karena baginya air bukan merupakan sesuatu hal yang baru. Selama dalam kandungan , ia biasa “berenang” di dalam cairan ketuban. Sebenarnya bayi mulai bisa diajarkan berenang ketika dia berusia 4-5 bulan. Biasanya di usia ini kepala bayi sudah tegak, sudah mulai bisa belajar duduk karena otot punggung dan tulang-tulang belakang mulai menguat. Tetapi bila Anda ragu, Anda bisa mulai mengajarkan si kecil berenang setelah ia berumur 6 bulan, ketika ia sudah duduk dengan baik. Pada saat mandi, Anda dapat mengenalkan air pada si kecil. Untuk bayi usia 0-6 bulan, waktu maksimal untuk latihan berenang pertama kali sebaiknya tidak lebih dari 10 menit. Untuk latihan kedua dan seterusnya bisa sekitar 30 menit.

Berikut ini tips untuk mengajari bayi Anda berenang, yaitu :
* Ajarkan si kecil menahan napas.

* Terbiasa berendam, yang secara bertahap ditingkatkan dengan menyelam beberapa saat. Pada latihan ini biasanya si kecil mengerahkan ilmu menahan napas yang suda ia kuasai.

* Mengapung. Walaupun kemampuan ini terjadi secara alami ketika ia berada di alam air, Anda tetap harus mengasahnya. Caranya, telungkupkan tubuh si kecil di permukaan air.

* Mendorong tubuhnya sehingga meluncur ke depan.

* Membalikkan tubuhnya.

* Ajarkan kombinasi kemampuan untuk mendorong tubuh di permukaan air dan kemampuan membalikkan tubuh.

0 komentar:

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino