Kamis, 07 Mei 2009

Mengajak Bayi Tertawa


Ha ha ha ha ha...kata anak kecil yang ada di iklan Oreo. Kalau aku perhatiin, setiap iklan itu muncul di tv, Kay langsung liat tv. Eh pas dia lagi main, tiba-tiba dia ketawa sama seperti ketawa anak kecil yang di iklan itu. Aku langsung ketawa, koq Kay bisa niru iklan ya...

Emang Kay gampang banget diajak ketawa. Kata orang sunda mah "suranyeh" . Cara yang paling gampang bikin Kay ketawa, ajak aja dia main Ciluk Ba atau gendong trus ayun-ayun, pasti deh Kay ketawa kencang sampe akhirnya cegukan.

Mengajak bayi tertawa sangat banyak manfaatnya karena pada saat tertawa bayi merasa senang dan menandakan bahwa si buah hati dalam kondisi sehat baik jiwa dan raga. Tertawa juga merupakan salah satu bentuk latihan komunikasi bagi si kecil sehingga bisa tumbuh menjadi pribadi yang supel dan akrab dengan lingkungan sosialnya. Untuk membuat si bayi tersenyum atau bahkan tertawa, Anda butuh "kejutan" ( surprise).

Berikut ini ada beberapa "kejutan" yang bisa Anda lakukan untuk mengajak si kecil tertawa lebar:

* Permainan Gerak Wajah

Cobalah gerak-gerakan wajah Anda dan godalah bayi dengan cara menjulurkan lidah atau melakukan kernyitan pada wajah. Terkadang ketika bayi melihat gerak mulut kita pun sudah tersenyum dan tertawa. Bahkan dengan kerlingan mata pun sudah membuat bayi tergelak-gelak.

* Permainan Menggelitik

Gelitik pinggang atau telapak kakinya dengan jari-jari Anda secara pelan, atau coba lakukan gerakan mencium perut bayi. Biasanya bayi menyukai hal ini dan langsung tertawa terbahak.

* Permainan Ciluk Ba!

Ini merupakan permainan favorit bagi si kecil maupun orang tua. Caranya sangat mudah, tutup dan buka kembali wajah Anda dengan telapak tangan. Ketika tangan Anda membuka, tunjukan wajah lucu Anda ditambah suara yang mungkin mengagetkan tapi tetap lucu. Atau carilah "penutup" yang membatasi Anda dengan bayi. Ketika “penutup”-nya dibuka dengan cepat, bayi akan melihat wajah Anda yang semula “hilang”, terus muncul kembali dengan penuh tawa. Hal ini menjadi lucu karena ketika bayi berusaha mencari wajah Anda dengan kebingungan, lalu Anda muncul dengan wajah lucu ditambah suara yang mengagetkan bayi.

* Menyanyikan lagu dan ayun-ayunkan badannya

Nyanyikan bayi Anda lagu anak-anak dengan mengayun-ayunkan tubuhnya dipangkuan Anda. Pada akhir lagu, buat sedikit kejutan dengan mengeraskan beberapa kata atau mengayunkannya tubuhnya. Si kecil biasanya menyukainya dan akan tertawa terbahak.

Selamat mencoba! dan dengarkanlah tawa si buah hati....

1 komentar:

selimut on 20 Agustus 2015 05.20 mengatakan...

senangnya kalo melihat si buah hati tertawa..

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino