Kamis, 21 Mei 2009

Hati-hati Flu Babi Menyerang Indonesia



Sampai sekarang berita tentang flu babi masih rame, ih serem deh semakin hari penyakit makin aneh-aneh aja. Dulu flu burung trus flu singapura, sekarang flu babi. Mudah-mudahan ga ada lagi yang lain. Jadi apa sih sebenrnya flu babi itu? Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang flu babi.

  • Flu babi atau swine influenza adalah kasus-kasus influenza yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemic pada populasi babi.
  • Galur virus flu babi yang telah diisolasi sampai saat ini digolongkan sebagai Influenzavirus C atau subtipe genus Influenzavirus A.
  • Flu babi disebabkan oleh virus Influenza A subtipe H1N1 H1N2, H3N1, H3N2, dan H2N3.
  • Babi dapat menampung virus flu yang berasal dari manusia maupun burung, memungkinkan membentuk virus gabungan yang baru.
  • Flu babi menginfeksi manusia yang bersentuhan dengan babi, atau bisa juga penularannya dari manusia ke manusia.
  • Gejala virus termasuk demam, disorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah dan kehilangan kesadaran yang berakhir pada kematian.
  • Menurut Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, gejala influensa ini mirip dengan influenza, seperti demam, batuk, sakit pada kerongkongan, sakit pada tubuh, kepala, panas dingin,lemah lesu, buang air besar dan muntah-muntah.


Mulai 30 April 2009, Organisasi Kesehatan dunia (WHO) telah mengganti nama penyakit flu babi menjadi Influensa A karena telah membuat salah tafsir masyarakat bahwa babi dapat menularkan penyakit ini kepada manusia.

Untuk lebih jelas baca juga di wikipedia Indonesia : http://id.wikipedia.org/wiki/Flu_babi, dan wikipedia bahasa Inggris yang lebih lengkap beserta referensinya : http://en.wikipedia.org/wiki/Swine_influenza.

3 komentar:

Panca on 22 Mei 2009 21.16 mengatakan...

sudah dibilangin ma nabi kita kalau babi itu berbahaya....

timontius on 22 Mei 2009 22.01 mengatakan...

Wedeh2 belum selesai di Mexico dah ke Indonesia pula T_T , penyakit tuh ngga ada abisnya...

Anonim mengatakan...

Ya, mungkin karena itu

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino