Senin, 25 Mei 2009

Perlengkapan Saat Si Kecil Bepergian


Besok Kayyisa mau pergi ke rumah Nenek. Wah banyak banget barang yang harus dibawa, kaya mau pindahan. Semua perlengkapannya harus dibawa, kayanya sampai ga ada yang tersisa di rumah deh. Apa saja perlengkapannya.

1. MAKANAN
Bawalah makanan yang biasa dikonsumsi si kecil, seperti susu formula, bubur susu instan, biskuit bayi, dan lainnya. Agar lebih praktis makanan yang dibawa seperlunya saja, apabila kurang bisa beli. Atau membuat sendiri makanan untuk si kecil.

2. PERLENGKAPAN MAKAN & MINUM
Bawalah botol susu paling sedikit 2 buah apabila si kecil minum susu formula dan 2 buah mangkuk lengkap dengan sendoknya bila si kecil sudah mendapatkan MPASI. Jangan lupa bawa botol air hangat atau thermos air hangat untuk membuat susu saat perjalanan bila tidak ada ASI.

3. PAKAIAN & CELANA/POPOK
Bawalah pakaian lebih banyak bila bepergian ke daerah panas karena si kecil akan lebih sering ganti baju karena keringatan. Tapi bawa juga baju berlengan panjang, celana panjang serta baju hangat untuk antisipasi perubahan cuaca (misalnya hujan). Untuk pospak(popok sekali pakai) bawa seperlunya saja, kalau kurang bisa beli lagi.

4. MAINAN
Jangan lupa bawa maianan agar si kecil tidak bosan saat diperjalanan.

5. PERLENGKAPAN MANDI
Segala perlengkapan si kecil untuk mandi dan sesudah mandi harus dibawa, kecuali bak mandi.

6. TISU KERING DAN BASAH
Digunakan untuk mengelap tangan dan mulut bayi atau membersihkan alat kelamin/pantat sehabis buang air.

7. PEMBERSIH TANGAN BEBAS KUMAN
Sangat praktis digunakan untuk membersihkan tangan dan membunuh kuman sebelum kita memegang bayi atau menyiapkan makanan / susu formulanya.

8. ALAS PELINDUNG
Bawa alas tahan air ukuran sedang untuk dipakai saat mengganti popok si kecil. Sediakan pula beberapa alas yang bisa digunakan untuk menutup permukaan kasur tempat tidur.

9. KANTUNG PLASTIK
Bawa beberapa buah untuk digunakan membungkus pakaian atau celana kotor dan popok sekali bekas pakai. Bisa juga untuk membungkus botol susu yang bocor atau peralatan bekas makan.

10. ALAT GENDONG & KERETA DORONG
Berupa kain panjang (jarit) atau alat gendong siap pakai (sling). Bila ada bawa juga kereta dorong bayi yang ringan dan bisa dilipat. Memudahkan kita saat mengajak bayi berjalan-jalan.

11. BUKU REKAM KESEHATAN
Jangan lupa membawa buku catatan tentang kesehatan bayi yang biasa diperlihatkan kepada dokter saat ia memeriksa. Apabila si kecil kebetulan sakit dan harus berobat maka buku tersebut memudahkan dokter mengetahui sekilas sejarah riwayat kesehatan bayi.

12. OBAT-OBATAN
Bawalah obat-obatan yang biasa dipakai si kecil ketika sakit atau konsultasikan lebih dahulu dengan dokter.

Sumber : Nakita-Perawatan Ditahun Pertama

0 komentar:

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino