Rabu, 08 Juli 2009

Perkembangan Bahasa Anak Laki-laki dan Anak Perempuan


Perkembangan bahasa anak laki-laki dan anak perempuan menunjukkan perbedaan. Hal ini dapat diketahui sejak lahir, bayi perempuan terlihat lebih bereaksi terhadap suara manusia dibandingkan bayi laki-laki. Pada umunya anak perempuan akan memiliki kemampuan verbal lebih baik daripada anak laki-laki. Contohnya anak perempuan berbicara lebih awal serta lebih cepat menyusun kata-kata dalam sebuah kalimat dibandingkan dengan anak laki-laki.

Menurut Dr. Miriam Stoppard dalam buku Complete Baby and Child Care menyebutkan bahwa secara fisik diketahui struktur otak perempuan berbeda dengan laki-laki. Kortek (bagian otak besar yang menentukan intelektual seseorang) berkembang lebih dulu pada janin perempuan dibanding janin laki-laki. Perkembangan otak kiri yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa berkembang lebih baik dibanding anak laki-laki, sehingga pusat berbicara di otak pada anak perempuan berkembang dan memiliki hubungan lebih baik dengan fungsi-fungsi lain yang ada dalam otak dibanding anak laki-laki.

Masalah yang berhubungan dengan perkembangan bicara dan berbahasa, misalnya gagap akan lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki dibanding dengan anak perempuan. Namun perbedaan kemampuan linguistik ini akan berakhir ketika anak memasuki usia remaja.


Sumber : 3 Tahun Pertama yang Menentukan – Seri Ayahbunda.

3 komentar:

Seputar Law of Attraction on 9 Juli 2009 18.27 mengatakan...

info yang menarik.... masukan yang bagus...

Lise on 10 Juli 2009 13.44 mengatakan...

thanks dah komen

sepatu kulit on 14 Agustus 2012 10.29 mengatakan...

artikelnya bagus...

izin ikut simak,,

terima kasih

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino