Minggu, 26 Juli 2009

Hypnobirthing, Melahirkan Tanpa Rasa Sakit


"Melahirkan" kata-kata yang menakutkan buatku saat usia kandunganku dah memasuki trisemester ke tiga, dah kebayang deh rasa sakitnya. Perasaan jadi campur aduk dari yang ga sabar pengen cepet liat si kecil dan perasaan takut menghadapi hari persalinan. Kayanya semua ibu pasti ngerasain yang aku rasakan. Sebenarnya rasa sakit saat melahirkan disebabkan oleh ketakutan. Tapi rasa sakit itu sekarang bisa dikurangi atau malah bisa dihilangkan sama sekali melalui teknik yang diperkenalkan oleh Lani Kuswandi yaitu sebuah proses latihan relaksasi dan metode hypnobirthing melahirkan tanpa rasa sakit.

HypnoBirthing
dicetuskan berdasarkan buku yang ditulis oleh pakar ginekologi Dr. Grantly Dick-Read, yang mempublikasikan buku Childbirth Without Fear pada 1944. Terapi HypnoBirthing selanjutnya dikembangkan oleh Marie Mongan, pendiri HypnoBirthing Institute. Terapi ini mengajarkan para ibu untuk memahami dan melepaskan Fear-Tension-Pain Syndrome yang seringkali menjadi penyebab kesakitan dan ketidaknyamanan selama proses kelahiran.

Hypnobirthing adalah relaksasi dengan penambahan sugesti melalui usapan. Tangan menjadi sarana untuk mengusap daerah bawah payudara hingga perut. Sebenarnya cara ini telah dilakukan secara natural oleh ibu-ibu hamil saat janinnya meronta dalam kandungan. Ketika itu ibu akan mengusap perut sambil membisikkan kata-kata lembut yang menenangkan.

Ada 4 langkah yang harus dilakukan dalam menjalankan terapi hypnobirthing.

  1. Kepala dimiringkan di atas bahu kanan kemudian diputar sampai di atas bahu kiri, kembali ke bahu kanan sampai delapan kali hitungan. Setelah itu jari kanan di atas bahu diputar ke belakang sebanyak delapan kali. Lalu tangan tetap di atas bahu diputar ke depan sebanyak delapan kali pula.
  2. Relaksasi otot. Berbaring santai, lengan di samping kanan dan kiri, telapak kanan menghadap ke atas. Lalu tegangkan telapak kaki hingga merambat ke betis, paha, pinggul, dan dada. Pundak ditarik ke atas dan kedua telapak tangan dikepal kuat-kuat. Dahi dikerutkan, lidah ditarik ke arah langit-langit.
  3. Relaksasi pernapasan. Dalam keadaan berbaring, otomatis napas akan terdorong ke arah perut. Tarik napas panjang melewati hidung sambil hitung sampai 10. Kemudian embuskan napas perlahan-lahan lewat mulut, lakukan 10 kali.
  4. Relaksasi pikiran, langkah ini diwakili oleh indra mata. Setelah mata terpejam sejenak, buka mata perlahan-lahan sambil memandang satu titik tepat di atas mata, makin lama kelopak mata makin rileks, berkedip, dan hitungan kelima mata akan menutup.Pada saat ketiga unsur jiwa (perasaan, kemauan, dan pikiran) dan raga istirahat, masukkan program positif yang akan terekam dalam alam bawah sadar. Contoh program positif, "Saya dan janin di dalam kandungan akan tumbuh sehat. Dan saat persalinan akan menghadapinya dengan tenang."

Sumber : www.hypno-birthing.web.id dikirim oleh Evariny A.




2 komentar:

Dhana/戴安娜 on 6 Desember 2009 04.14 mengatakan...

salam sahabat
wah info yang bagus sangat bermanfaat.saya belajar y di sini ya thnxs n good luck

Lise on 16 Desember 2009 16.51 mengatakan...

thanks dah koment..ditunggu koment lainnya ya..

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino