Senin, 27 Juli 2009

All About Hypnobirthing


Kemarin aku dah nulis tentang Hypnobirthing, tapi kalo masih penasaran, aku tulis lagi hal-hal penting tentang hypnobirthing.

  • Hypnobirthing adalah suatu tehnik baru yang dikhususkan untuk wanita hamil dengan melakukan relaksasi mendalam, manfaatnya mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar, nyaman dengan meminimumkan rasa sakit.
  • Dasar yang digunakan saat latihan hypnobirthing adalah relaksasi. Ibu akan diajak konsentrasi dalam memberikan sugesti dan memprogram alam bawah sadar sesuai dengan tujuan latihan tersebut. Untuk mencapai keberhasilan penanaman sugesti ini, dibutuhkan kondisi rileks dengan proses relaksasi.
  • Manfaat lain dari latihan Hypnobirthing adalah melatih ibu hamil untuk selalu rileks, bersikap tenang dan menstabilkan emosi. Hasil latihan ini bukan hanya dirasakan saat ibu sedang hamil saja melainkan hingga setelah melahirkan dan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Saat latihan Hypnobirthing, ibu hamil diajarkan untuk menenangkan pikiran dengan cara fokus dan konsentrasi, cara pernapasan yang tepat untuk mencapai kondisi rileks dan menyehatkan tubuh yang diikuti dengan self-hypnosis dengan kalimat afirmasi dan sugesti untuk mencapai kelahiran yang sehat, nyaman dan lancar.
  • Tercapainya kondisi rileks akan membawa gelombang otak kita pada kondisi yang lebih tenang sehingga memungkinkan untuk berkomunikasi secara batin pada janin. Ada beberapa kasus bahwa bayi dalam kandungan ternyata bisa diminta untuk menendang atau beraktifitas sesuai dengan keinginan si ibu dengan hanya menggunakan bisikan batin.
  • Latihan Hypnobirthing dapat dilakukan dari sejak awal masa kehamilan, yaitu trisemester pertama. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk melakukan latihan Hypnobirthing pada trisemester akhir di usia kehamilan, namun mungkin waktu latihan akan lebih singkat karena masa kelahiran sudah dekat. Jadi tidak ada kata terlambat untuk mencoba latihan ini. Latihan relaksasi akan berdampak positif bagi janin dan kestabilan emosi ibu hamil yang mengalami perubahan hormonal yang sangat drastis.
  • Rasa sakit saat melahirkan muncul saat kontraksi persalinan. Bila ibu panik dan takut maka otot akan menegang dan rasa sakit akan semakin parah. Tapi dengan melakukan latihan hypnobirting otot rahim menjadi rileks sehingga akan sangat mempengaruhi rasa sakit yang terjadi, apalagi pada saat tahap pembukaan akhir. Apabila ibu bisa melatih otot untuk tetap rileks, pikiran tetap tenang, maka rasa sakit kontraksi akan sangat minim bahkan tidak terasa. Keberhasilan usaha menghilangkan rasa sakit akan berbeda untuk setiap ibu, tergantung dari alam bawah sadar masing-masing ibu.
  • Selama proses pesalinan ibu tidak akan tertidur dan menikmati setiap detik proses persalinan sampai kelahiran si kecil.
  • Ibu dapat melakukan latihan ini sendiri dengan cara mencari suasana yang nyaman dan cocok untuk melakukan relaksasi tanpa gangguan. Mulailah bernapas untuk rileks. Bila kondisi rileks sudah tercapai, niatkan keinginan ibu dan konsentrasi dengan niat ibu tersebut. Ibu dapat menggunakan musik relaksasi dan aromaterapi yang aman bagi janin.
  • Hypnobirthing tidak menimbulkan efek samping negatif karena tidak menggunakan ramuan ataupun obat-obatan dalam prakteknya.
  • Untuk informasi lebih lanjut mengenai hypobirthing bisa mengunjungi http://www.hypno-birthing.web.id/

Sumber :
http://www.hypno-birthing.web.id/

7 komentar:

NURA on 12 September 2009 08.16 mengatakan...

salam sobat
trims sharingnya ,.
saya jadi tahu tahap persalinan nich mba,,,

ada AWARD sederhana untuk mba,,mohon diterima ya, di blog NURANURANIKU,sahabat lama di ALJUBAIL.S.A,,trims.

Lise on 15 September 2009 19.47 mengatakan...

salam kenal...thanks ya dah mampir

genial on 22 September 2009 23.35 mengatakan...

wahhh sayangnya melihat persalinan pun blm pernah.. huihihihih.. atut..

minal aidin iia, moohn maaf lahir dan bathin :)

Bintang on 5 Desember 2009 18.18 mengatakan...

wahhh..ntar kalo hamil lagi pengen coba latihan hypnobirthing...thanks yah infonya bun

Bintang on 5 Desember 2009 18.19 mengatakan...

wahhh..ntar kalo hamil lagi pengen coba latihan hypnobirthing...thanks yah infonya bun

Si Maya on 15 Desember 2009 16.01 mengatakan...

terima kasih infonya mbak, mampir ke blog aku juga z, sekalian comentarin, blog baru nieh mbak butuh teman . . .

Willyo Alsyah P. Isman on 17 Desember 2009 01.32 mengatakan...

wah aku lelaki..jadi ga tau maslah persalinan

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino