Jumat, 24 Juli 2009

Persiapan Pada Awal Kehamilan


Kemarin ada salah satu temen request, katanya pengen artikel tentang masa kehamilan. Jadi inget dulu pas hamil Kay. Awalnya sempet kaget campur seneng, soalnya ga nyangka bakalan cepet hamil. Hehe belom siap jadi ibu. Seudah test pack, hasilnya positif langsung pergi ke dokter kandungan. Pengen cari dokter kandungan yang cewe di Sukabumi susah juga ya, jadi mau ga mau pilih dokter kandungan cowo. Mulai lah dengan babak baru, apa-apa bukan tuk sendiri tapi berdua dengan si calon bayi. Untungnya dokter kandunganku sabar banget jadi bisa banyak nanya. Setelah tanya ini itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan pas awal-awal kehamilan diantaranya mental si ibu, finansial, dsb, satu persatu dijelasin disini.

Di awal kehamilan yang harus dipersiapkan, yaitu :

  • Kesiapan mental si ibu

    Menurut Tiffany Field, Ph.D, seorang peneliti dari University of Miami School of Medicine, Amerika Serikat, 10 % dari wanita yang terkena depresi ketika hamil dapat "menularkan" kesedihannya pada janin di dalam kandungannya. Ibu yang depresi akan meningkatkan hormon stres dan aktivitas otak si janin. Sehingga akibatnya, pas si kecil lahir menunjukkan gejala depresi. Misalnya tidur gelisah, atau menolak minum susu. Jadi untuk meghindari kemungkinan ini, sebaiknya calon ibu perlu mempersiapkan mental secara matang.

  • Siap menghadapi perubahan bentuk tubuh

    Coba deh bandingkan pas sebelum hamil dan sesudah hamil. Pasti ada perubahan bentuk tubuh yang luar biasa. Pada saat hamil, seorang wanita bisa jadi sangat kritis dan tidak percaya diri pada penampilan barunya. Yang terpenting yakinkan diri sendiri kalau perubahan ini hanya untuk sementara.

  • Siap menghadapi perubahan peran

    Wanita yang sedang hamil biasanya banyak berkhayal tentang peran barunya nanti setelah melahirkan. Kesiapan wanita untuk menyandang peran barunya sangat penting jika tidak, calon ibu akan mengalami konflik yang berkepanjangan ketika hamil. Pada tahap tertentu konflik ini normal dirasakan oleh setiap calon ibu tapi jika terus menerus dialami akan memperburuk suasana hati.

  • Kesiapan finansial

    Kebutuhan finansial yang perlu dipersiapkan adalah:

    • Biaya pemeriksaan, mulai dari bidan, dokter umum hingga doketr spesialis kandungan.
    • Biaya melahirkan secara normal ( meliputi biaya persalinan di rumah bersalin atau rumah sakit, serta biaya penolong persalinan mulai dari bidan hingga dokter spesialis).
    • Biaya melahirkan secara Caesar, bila persalinan normal tidak mungkin dilakukan.
    • Biaya-biaya yang diperlukan untuk merawat bayi.
  • Kondisi fisik harus optimal

    Jika ingin melahirkan bayi yang sehat maka pada saat hamil si ibu harus menerapkan pola hidup sehat. Setidaknya tiga bulan sebelum hamil harus mempersiapkan segala sesuatunya khususnya fisik dan pola hidup.

    • Jalani konseling prahamil

      Langkah awal adalah menjalani konseling sebelum menikah yaitu jasa pemeriksaan medis yang disertai nasihat lengkap untuk pasangan yang akan menikah. Konseling ini meliputi pemeriksaan fisik, laboratorium, radiologis, dann pemeriksaan genetika.

    • Sembuhkan penyakit yang ada

      Kalau sebelum hamil, seorang wanita mengidap penyakit tertentu, sebaiknya periksakan diri dulu ke dokter, karena penyakit tersebut harus disembuhkan terlebih dahulu. Bila si calon ibu menderita campak Jerman (rubela), cacar air dan herpes pada kehamilan muda, ketika organ-organ pada janin mulai terbentuk, maka penyakit ini dapat menyebabkan cacat pada janin.

    • Hentikan minum pil KB

      Saat memutuskan untuk hamil, si calon ibu harus memutuskan menghentikan penggunaan pil KB atau alat kontrasepsi lainnya, karena pil KB mengandung hormon yang dapat mencegah ovulasi ( terlepasnya sel telur yang matang dari indung telur).

    • Hindari rokok dan alcohol

      Calon ayah dan calon ibu segera menghentikan kebiasaan meroko dan minum minuman keras. Karena kadar tar yang terdapat dalam asap rokok yang terhirup ibu sebagai perokok aktif maupun pasif dapat menghambat pertumbuhan janin. Dalam tebakau terkandung nikotin yang dapat menyebabkan keguguran, bayi memiliki berat badan lahir rendah, lahir cacat bahkan meninggal setelah lahir.

    • Jaga berat badan

      Berat badan si calon ibu diusahakan normal, artinya berat badab sesuai dengan tinggi badan. Kalau calon ibu memilik berat badan lebih, sangat tidak dianjurkan untuk mengurahi berat badan pada saat hamil. Selama kehamilan berat badan si ibu akan mengalami kenaikan, hal ini tergantung dari makanan yang dikonsumsi, berat janin, plasenta, peningkatan suplai darah ke rahim, jumlah air ketuban dalam rahim, jumlah cairan tubuh, penambahan penimbunan lemak, dan pembesaran organ tubuh (rahim dan payudara). Biasanya peningkatan berat badan yang normal selama hamil berkisar antara 6,5 – 15 kg.

    • Perhatikan lingkungan kerja

      Perhatikan lingkungan kerja karena ada pekerjaan-pekerjaan yang bisa member dampak negatif pada proses terjadinya pembuahan. Misalnya pekerjaan yang berhubungan dengan bahan kimia tertentu seperti gas, cairan, dan radiasi radioaktif atau peralatantertentu seperti mesin-mesin dan listrik. Perlu dihindari pekerjaan yang menuntut untuk mengangkat atau memikul beban berat secara berulang-ulang.

    • Sering berolah raga

      Kalau sebelum hamil sudah terbiasa berolah raga secara teratur seperti jalan, berenang, bersepada atau jogging, ibu hamil tetap dapat melakukannya selama hamil. Namun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi fisik dan olah raga yang boleh dilakukan. Berolahragalah sekurang-kurangnya 3 kali seminggu selama 20 menit setiap hari.

Sumber : 9 Bulan yang Menakjubkan – Seri Ayahbunda

2 komentar:

Anonim mengatakan...

AllGoBlog artikel yang tepat buat keluarga baru (spt saya ni) n buat ibu yg mo hamil. klo persiapan buat seorang suami terhadap istri yg br hamil gimana ya? ditunggu sarannya. thanks u :)

Lise on 16 Desember 2009 16.52 mengatakan...

artikelnya nyusul nya mas..ini baru buat ibu hamilnya thanks

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino