Rabu, 08 Juli 2009

5 Hal dalam Menstimulasi Bayi


Stimulasi pada bayi sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Akan tetapi jangan hanya asal memberikan stimulasi. Berikut ini ada 5 hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan menstimulasi si kecil, yaitu:

  1. Bergerak total, disebut juga perkembangan motorik kasar. Aktivitas stimulasi mengutamakan pergerakan seluruh anggota tubuh seperti berguling, duduk, merangkak, bertumpu pada lutut, berdiri dan berjalan.
  2. Pergerakan halus, disebut juga perkembangan motorik halus untuk mengasah kemampuan tangan dan jari. Caranya Anda bisa mendorong si kecil untuk menggapai dan mengambil benda berukuran besar, latihan menggunakan jari telunjuk untuk menunjuk sebuah obyek, menaruh mainan ke dalam wadah dan mengeluarkannya kembali, menggulingkan dan melempar mainan dan menyusun balok empuk.
  3. Mendekat dan melihat, disebut juga perkembangan persepsi visual. Latihlah kemampuan melihatnya, mata terfokus dan mengikuti pergerakan obyek, mengenali wajah, melihat mainan dengan warna-warna cerah, mencari mainan yang sengaja dijatuhkan dan melihat obyek dari jarak jauh.
  4. Mendengar dan berbicara, disebut juga perkembangan persepsi auditori. Bergumamlah bersama bayi dengan mengeluarkan suara a, o, m, p, ka dan ma. Biarkan dia berekasi atas suara Anda, merespon intruksi sederhana, menggunakan kalimat satu kata, dan mengenali namanya.
  5. Merasakan dan mencium, disebut juga perkembangan sensori. Caranya sediakan aneka benda berbagai tekstur dan aroma. Wewangian berasal dari buah, makanan, sabun, parfum. Tekstur benda bisa dikenalkan melalui pasir, air, daun atau mainan favorit si kecil.

Sumber : Parents Indonesia.

1 komentar:

meir on 3 Februari 2010 10.49 mengatakan...

anak saya berusia 4 bulan, suka sekali ngemol jari, jika dilakukan sehabis mimi, dia pasti muntah, adakah cara untuk menghentikan kebiasaan ngemol jari?

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino