Kamis, 02 Juli 2009

Merawat Gigi Anak


Beberapa hari yang lalu, Kay demam, suhu tubuhnya mencapai 38,50C. Aku khawatir kalau demamnya ga turun-turun. Tapi Alhamdulillah setelah dua kali di beri obat, demamnya berangsur-angsur turun. Ternyata demam itu karena Kay mau tumbuh gigi. Emang sih dari beberapa bulan yang lalu, gusi bagian bawah sudah bengkak tapi giginya belum muncul juga. Pas aku lihat ternyata giginya dah tumbuh langsung 2 buah. Emang sih agak telat tumbuhnya, tapi ga apa-apa deh..yang penting sekarang merawatnya supaya ga muncul gangguan pada giginya.

Rata-rata gigi mulai tumbuh di usia 6 bulan (gigi susu). Awalnya gigi susu tumbuh 2 di rahang bagian bawah, atau dapat juga di bagian rahang lain. Bulan berikutnya muncul 2 lagi dan seterusnya menjadi 6, 12, 16. Di usia 3 tahun gigi susu anak tumbuh lengkap menjadi 20 buah, terdiri dari gigi seri, gigi taring dan gigi geraham. Gigi susu akan tanggal saat si kecil berusia 6-7 tahun menjadi gigi permanen.

Merawat gigi sebaiknya dilakukan sejak dini. Karena bila lalai, bukan tak mungkin muncul gangguan pada gigi yang berujung gangguan pada tumbuh kembang si kecil. Akibatnya berbagai kemampuannya tak berkembang optimal. Contohnya, gangguan berkomunikasi atau sulit makan.

Untuk membiasakan merawat kesehatan gigi, orang tua harus memberikan contoh.

Awali dengan menggosok gigi

Mengajarkan si kecil menggosok gigi dapat dilakukan sebelum giginya tumbuh, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan.

  • Bila giginya si kecil belum tumbuh, gusinyalah yang dibersihkan. Gunakan kapas atau kain kasa steril yang dicelupkan air matang dan oleskan pada gusi bayi. Jangan lupa membersihkan lidah, langit-langit mulut dan pipi bagian bawah. Pastikan tidak ada sisa-sisa susu dan makanan di dalam mulutnya. Biasakanlah si kecil untuk minum air putih setelah minum susu dan makan.
  • Jika bakal gigi sudah kelihatan, jangan langsung menggosok giginya dengan sikat gigi nilon. Bersihkan dengan kapas atau kain kasa streril yang dibasahi air matang. Atau gunakan sikat gigi khusus yang dimasukkan ke telunjuk ibu. Sikat gigi ini lunak karena terbuat dari silicon dan dapat juga digunakan untuk membersihkan lidah.
  • Jika gigi si kecil baru tumbuh 2 – 4 buah, jangan gunakan sikat gigi anak. Lebih baik gunakan kapas atau kain kasa steril. Biasanya pada usia 10-14 bulan, setelah gigi si kecil tumbuh lebih dari 8 buah baru bisa digunakan sikat gigi bayi yang berujung kecil dan berbulu halus dengan kode ukuran P20.
  • Gunakanlah pasta gigi khusus untuk anak-anak, setelah usia anak 1 tahun. Untuk usia di bawah 1 tahun sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang tidak ada efek samping bagi kesehatan bila tertelan oleh si kecil.
  • Saat mengajari menggosok gigi, posisi Anda sebaiknya di belakang anak sambil memegang dagunya.
  • Terapkan aturan, kapan si kecil harus menggosok gigi. Si kecil menggosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Akan lebih baik bila Anda membersihkan giginya setiap sehabis makan.
  • Kunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Makanan supaya gigi sehat

  • Makanan harus mengandung protein, vitamin D, kalsium, flour, fosfor, vitamin A dan C.
  • Hindari pemberian makanan yang banyak mengandung gula atau karbohidrat olahan seperti permen, coklat, dan biskuit. Lebih baik perbanyak pemberian buah-buahan.
  • Jangan member susu botol menjelang tidur, apalagi susunya mengandung gula.

    Susu akan 'meredam' gigi si kecil dan menempel pada permukaan gigi. Akibatnya sisa susu diubah oleh kuman dan bisa menyebabkan kerusakan gigi.

    Tabel Pertumbuhan Gigi Anak

Usia

Jumlah gigi

6 bulan

2

8 bulan

6

10-14 bulan

12

18-30 bulan

16

3 tahun

20


Sumber : Seri Ayahbunda- Bayi Sehat & Terawat


4 komentar:

Blog Datuk Maringgih on 4 Juli 2009 00.37 mengatakan...

bu aku mau nanya nih ...anak umurnya umurnya udah 10 bulan tapi belum tumbuh giginya. Apa yang harus dilakukan bu

Lise on 4 Juli 2009 07.16 mengatakan...

ga usah khawatir, sebenarnya Kayy juga baru tumbuh gigi pas usia 12 bulan. soalnya setiap anak berbeda2. aku coba memberi makanan yg mengandung protein, vitamin D, kalsium, flour, fosfor, vitamin A dan C.

Seputar Law of Attraction on 9 Juli 2009 18.33 mengatakan...

merawat gigi sangatlah penting....

Anonim mengatakan...

anakku Ivie juga tumbuh gigi pas usia 12 bulan bun,,ni langsung aja tumbuh 8 buah....hehe....

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino