Kamis, 25 Juni 2009

Stimulasi Penglihatan Bayi


Penglihatan si bayi
sebenarnya berkembang secara alamiah. Akan tetapi, Anda sebagai orang tua dapat membantu mengoptimalkan penglihatannya. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan penglihatan si kecil, yaitu:

  • Untuk membantu melatih koordinasi kedua mata bayi, saat saling berhadapan, Anda dapat menggerakkan kepala Anda perlahan-lahan dari satu sisi ke sisi lain. Atau lewatkan di hadapannya suatu gambar atau mainan dengan gerakan naik dan turun, atau dari kiri ke kanan. Lakukan hal ini dalam jangkauan pandangannya.
  • Latih bayi Anda untuk mengikuti obyek yang bergerak menuju dan menjauh darinya. Ia akan berusaha untuk memukul dan menangkap obyek tersebut. Dengan demikian, ia juga akan berlatih untuk membangun koordinasi mata
    dan tangannya.
  • Bayi senang bercumbu atau mereka-reka wajahnya sendiri di cermin. Berilah ia cermin dengan desain yang aman dan tahan pecah, atau desain khusus untuk ditempelkan di boks atau tempat tidur berjaring. Sehingga ia dapat menghibur diri sendiri ketika Anda tidak beradadidekatnya.
  • Pada umumnya, semakin bertambah usia bayi maka semakin meningkat rasa sukanya terhadap suatu gambar atau pola dan warna yang kompleks. Hal ini perlu diperhatikan ketika Anda membelikan si kecil buku, poster-poster atau gambar lainnya.
  • Mainan yang dapat bergerak dan tergantung pada boks atau di depan tempat duduk bayi merupakan cara ideal untuk menstimulasi penglihatannya. Tapi, untuk keamanannya, obyek bergerak sebaiknya diambil dari boks atau tempat bermain sesegera mungkin ketika si kecil mulai dapat menarik obyek tersebut atau menggerakkan dirinya ke depan.
  • Bantulah si bayi menemukan sesuatu untuk di lihat, yang belum pernah ia lihat sebelumnya, dan beri tahu nama benda tersebut keras-keras pada si kecil. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengajaknya berjalan-jalan di dalam rumah, di taman, atau tempat-tempat yang menarik.
  • Berdasarkan penelitian, bayi-bayi akan lebih lama memberi perhatian pada sesuatu, bila mereka dipegang tegak lurus atau duduk setengah bersandar. Jika dalam posisi berbaring dengan punggungnya, mereka akan mudah tertidur.

Sumber : Seri Ayahbunda - 3 Tahun Pertama yang Menentukan

1 komentar:

The Baby on 29 Juni 2009 21.31 mengatakan...

Ayo kita bersama saling berbagi demi anak Indonesia lebih baik.

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino