Senin, 22 Juni 2009

Mengatasi Mata Juling (Strabismus) pada Si Kecil


Eh mata si kecil koq juling ya?... selain mengganggu penglihatan, mata juling pun mengganggu penampilan. Tapi jangan cemas hal ini bisa di atasi koq…

Strabismus atau Mata Juling adalah salah satu gangguan mata. Bila mata bekerja normal, kedua bola mata akan bekerja sama dalam memandang suatu objek, sesuai dengan perintah otak. Tetapi apabila mata juling, kedua bola mata tampak tidak searah dan tidak memiliki kesatuan titik pandang. Sehingga mengakibtakan kedua mata akan memandang suatu objek menjadi ganda atau dua bayangan
(diplopia).

Pada bayi, kadang-kadang koordinasi pergerakan bola matanya masih belum bekerja sempurna. Bila hal ini terjadi pada si kecil, Anda tidak bisa langsung memvonisnya bermata juling. Namun, harus terus dipantau apakah ini sementara atau menetap. Bila menetap harus segera diatasi karena bisa menimbulkan gejala Lazy Eyes alias mata malas.

Lazy Eyes ( amblyopia) adalah gangguan penglihatan tanpa didapat kelainan organik pada mata. Penyebabnya adalah kelainan mata yang menyebabkan gangguan penglihatan yang signifikan, misalnya juling, katarak, atau gangguan refraksi. Bila gangguan penglihatan tersebut terjadi pada usia dimana masih terjadi proses pembentukan kualitas tajam penglihatan (di bawah usia 9 tahun), maka tajam penglihatan yang dihasilkan menjadi tidak normal, sehingga penyebabnya harus dicari dan segeraa ditangani .

Jenis-jenis mata juling

  • ESOTROPIA, yaitu satu bola mata memandang lurus kedepan sementara mata lain ke arah hidung, atau kedua mata melihat kea rah hidung.
  • EXOTROPIA, yaitu mata yang satu memandang lurus ke depan sementara mata lainnya memandang lurus kea rah telinga, atau kedua mata melihat kea rah telinga.
  • HIPOTROPIA, yaitu mata yang satu memandang lurus ke depan sementara yang lainnya ke arah bawah.
  • HIPERTROPIA, yaitu mata yang satu memandang lurus ke depan sementara yang lainnya ke arah atas.

Mata juling bisa menimpa anak laki-laki maupun perempuan. Penyebabnya sangat beragam, antara lain karena:

  • Faktor bawaan.
  • Ketidakseimbangan otot dan saraf mata yang mengatur pergerakan mata (kelainan otot atau saraf mata).
  • Adanya gangguan perbedaan ketajaman penglihatan antara kedua mata. Misalnya, satu mata menderita katarak.
  • Kelainan refraksi (memakai kaca mata).
  • Stoke (pecahnya pembuluh darah di otak), sehingga bagian otak yang mengendalikan pergerakan mata menjadi terganggu.
  • Kanker mata.

Untuk membantu Anda, kasus mata juling yang disebabkan faktor bawaan (congenital) dan kelainan otot atau saraf mata bisa terlihat sejak anak berusia 6 bulan. Caranya, perhatikan bila si kecil melirik, bola matanya tidak akan sampai ke ujung. Hal ini terjadi karena mata tidak bisa bergerak ke segala arah dengan leluasa. Sedangkan bila julingnya bukan bawaan sejak lahir (acquired) akan muncul sendiri setelah anak berusia 6 bulan.

Sebaiknya Anda membawa si kecil ke dokter apabila ia memandang suatu benda, tapi kedua matanya itu melihat dengan arah yang berlawanan. Dokter akan melakukan terapi setelah mengetahui pasti penyebab kasus mata juling, jadi terapinya bisa bermacam-macam.

Misalnya, bila julingnya disebabkan gangguan refraksi (memakai kaca mata minus tinggi), maka posisi abnormal pada bola mata terkadang dapat kembali menjadi normal dengan mengoreksi kelainan refraksinya. Bentuk kaca mata bisa berlensa spheris, silinder atau prisma tergantung keperluannya. Bila peril doketr akan melakukan pembedahan.

Sumber : Ayahbunda

22 komentar:

goceng on 22 Juni 2009 pukul 23.33 mengatakan...

ilmu baru nih...
kasian juga kalo liat anak yang juling, dan kalo sudah terlambat...pengobatannya cukup mahal

info bagus...pengobatan sejak dini

Anonim mengatakan...

anak saya umur 6 tahun, masalah yg gtimbul ketika anak saya menonton TV dlm keadaan serius perlahan2 matanya tetap menghadap TV tetapi kepalanya perlahan2 mulai bergeser ke kiri atau kekanan, itu gejalan apa ya, tks.

Anonim mengatakan...

anak saya umur 6 tahun, masalah yg gtimbul ketika anak saya menonton TV dlm keadaan serius perlahan2 matanya tetap menghadap TV tetapi kepalanya perlahan2 mulai bergeser ke kiri atau kekanan, itu gejalan apa ya, kalau boleh ada obat/terapi yg hrs saya terapkan ke anak saya. email saya: 100pkbld@posindonesia.co.id. terima kasih.

Unknown on 27 Februari 2010 pukul 07.05 mengatakan...

Bayiku umur 1bln stgh..Kdg2 tiba2 kdua bola matanya lgsg ke tgh sprt mlht hidung..
Itu normal gag y??

rachman.iqbal on 3 Maret 2010 pukul 19.04 mengatakan...

saya mau tanya.anak saya baru berumur 2thn tp mata sblh kananny kadang2 suka juling tp nanti balik kenormal.anakku stlh berumur 1thn matany mli kelhtn juling walau sk normal kmbl tp makin kesni makin srg julingny apalg klo nonton TV&memandang sst dgn fokus pst th2 matany juling sndr tp hny yg kanan sj.Apa sy hrs bwa kedokter mata?atau ada alternatif lain buat mengobatinny?saya takut nanti besarny jd netap julingny.mksh bt jwbnny sblmny

reyhan.pribadi on 26 Mei 2010 pukul 12.22 mengatakan...

anak saya laki-laki berumur 5 tahun dia mengalami mata juling sejak kecil,aktifitasnya selalu enerjik dan dia juga sangat pandai menghapal, tapi kalau melihat selalu cendrung kepingin lebih dekat,gimana sulusi hematnya sedang saya pekerja free line.thank's

Anonim mengatakan...

ulun gi mata ulun juling/mata ifrit.ttnda2kiamat

Anonim mengatakan...

bagaimana cara pengobatan pada mata juling pada usia 30an

Anonim mengatakan...

saya mau mnikah dengan seorang pria yang ibunya juling,apakah ada kemungkinan menurun ke anak saya nantinya?klo misalnya menurun apakah bisa diobati?tks

Anonim mengatakan...

Umur saya 23,Saya mau tanya mata saya ko serasa berat bagian kanan?apa kah bisa menyebabkan juling?apa terapinya,tks

Anonim mengatakan...

umur saya 19thn, mata saya juling karena kecelakaan. apakah yang terbaik buat mata saya kembali normal lg?

Anonim mengatakan...

istri saya bermata juling, mata kanan memandang lurus mata kiri ke arah hidung, berawal dari sakit kepala sebelah kiri, bisakah kembali semula, bagaimana cara penanggulanganya

BlackAngel on 24 Oktober 2011 pukul 12.30 mengatakan...

Anak saya br umur 1 bulan...
Kok mata kirinya yg hitam k arah hidung, sedangkn yg kanan normal....
Apakah itu normal?
Klw tdk gmn cr mengatasinya?
Mhn bntuan n sarannya..
Makasih...

Anonim mengatakan...

Saya laki2 berumur 15thun.. mata saya yg kiri juling kearah telinga karena mnderita katarak. Tpi yg kanan normal. Apakah mata saya ini msh dpt di sembuhkan?? Mohon kteranganya yahh..

dhmyess on 6 Juni 2012 pukul 03.09 mengatakan...

Hai...
Saya laki2 29 tahun mengalami masalah strabismus, permasalahannya disebabkan mata kiri saya menderita rabun dekat dan mata kanan saya menderita rabun jauh. Hal ini terjadi dari saya kecil tapi bukan karena bawaan lahir.

Pertanyaannya apakah mata juling saya masih bisa disembuhkan

El-Hawary Honey on 7 Agustus 2012 pukul 07.43 mengatakan...

saya mau nanya, anak saya berumur 4 bulan tetapi saya sudah melihat bahwa anak saya matanya juling. bagaimana cara mengatasi mata juling pada bayi umur 4 bulan?

Unknown on 18 November 2012 pukul 20.41 mengatakan...

juling bisa di koreksi, kl masih anak2 kemungkinan sembuh lbh bsr, tapi untk yg telah melewati umur 12 tahun kemungkinan besar penyembuhan juling dgn cara operasi mata,

Unknown on 18 November 2012 pukul 20.44 mengatakan...

segera hubungi dokter mata di rs mata kota anda, karna tdk semua dokter mata ahli mengkoreksi mata juling,

Anonim mengatakan...

Οoh, Ι LΟVΕ theѕe!
Right аftеr luѕtіng оvег thе blаcκ Clinics
for awhilе I finallу gоt them on solestrucκ.
Thеy weге being sold out everywhere for ѕeemingly forеver.
FΥӀ to Lolla they run big if ѕhe will gеt them.


Feel fгeе tο suгf to mу web-site:
what drinks are best for a sore throat

Anonim mengatakan...

Deаling w/ a stгep throat outbгеak in a very sіgnificant family members setting.
1 son has celіаcs. Last thing we'd like to do is acquire down his immune method and strip his excellent bacteria. To individuals that say what is the harm in supplying antibiotics, chances are you'll
have recurring problеms from juѕt that.

85% οf your immunе teсhnique is ωith yοur intestіnes!
Antibiotiсѕ are a fantаstiс softwarе to avoid wastіng a lіfetimе, only
to ne аpplіed durіng the most excessive of hеalth care desires.
As sοon as or 2x within а life timе would be affoгdable
of you diligentlу rеpοpulаtе the intestіne, 1-2 perіoԁs a 12 months
shοws just how tiny people find оut about the damage antibiotics do
whіlе ехeсuting the great.


mу blog post :: strep throat infection pictures

Anonim mengatakan...

I Just sold my cat and got a check for it how am i able to
funds it if I have no bank account or ID ?

Also visit my homepage :: Dragon City Cheats

Maia virajati on 26 Januari 2017 pukul 02.14 mengatakan...

Kebetulan pak anak saya jg mengalami hal itu hanya saja mata yg kirinya. Bagaimana keadaan anak bpk skrang? Apa bpk sudah menemukan dokter yg tepat? Mohon email saya di maya.virajati@yahoo.co.id terima kasih

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino