Kamis, 18 Februari 2010

Tips dan penyebab anak susah makan


Hai pa kabar :hi: , waktunya apdet blog lagi nih..kangen kalo lama-lama ditinggalin. Sekarang Kay dah gede lho, dah banyak banget tingkahnya. Lucu tapi kadang ngeselin n ngegemesin, apalagi kalo masalah makan, iiihhh Kay lagi susah makan nih pengennya mimi susu n ngemil. Masih untung juga sih ngemilnya biskuit ya…lumayan lah masih ada gizinya daripada cuma ngemil krupuk hehe.. :ahaha:

Pernah Kay ga mau makan, mimi susu atau pun ngemil, eh ternyata mau tumbuh gigi, jadi ga enak badan. So..kalo anak ga mo makan sama sekali, coba deh liat giginya atau mungkin juga sakit tenggorokan. Aku yakin deh kalau masalah anak susah makan menjadi masalah hampir semua orang tua, biasanya anak usia 1-4 tahun mengalami fase susah makan. Tinggal kita yang harus pinter dan kreatif cari cara supaya anak jadi mau makan.

Langkah awal kita harus tahu apa penyebab anak susah makan kemudian mencari cara agar anak mau makan kembali.

  1. Anak sedang sakit atau sedih

    Saat anak sedang sakit atau sedih akan kehilangan selera makannya. Untuk itu kita harus lebih peka jika anak mulai susah makan. Bawalah ke dokter atau puskesmas jika terlihat tanda-tanda sakit dan mintalah petunjuk dokter. Jika anak sedang sedih, ajaklah bicara sehingga kita tahu penyebabnya. Jangan dipaksa makan ketika anak sedang murung atau menangis.

  2. Anak bosan menu makanannya

    Coba deh list makanan atau minuman yang disukai dan yang tidak disukai si anak. Menu makanan yang itu-itu saja apalagi cara penyajian yang campur aduk antara lauk pauk membuat anak akan cepat bosan dan malas makan. Atur jadwal makanan sehari-hari min untuk 1 minggu agar ibu lebih mudah membuat variasi makanan. Terus pintar-pintar cari penggantinya misalkan anak tidak suka nasi, bisa diganti dengan roti, makaroni, bakmi dll.

    Untuk makanan yang tidak dia suka, berikan cerita-cerita yang memotivasi si anak agar mau makan. Samarkan bentuknya atau hias agar si anak tidak tahu kalau makanan yang dimakannya adalah makanan yang tidak dia suka.

  3. Anak tidak mau makan karena kenyang

    Hindari makanan snack yang mengandung padat kalori, junkfood dan kue saat menjelang jam makan, agar anak tidak kenyang ketika waktunya dia makan. Minum susu terlalu banyak bisa menyebabkan kekenyangan.

    Atur pemberian makanan selingan seperti cemilan jauh dari waktu jam makan tiba, berilah makanan cemilan yang sehat dan tidak mengandung MSG, seperti keju, yoghurt, es krim, potongan buah, sayuran kukus, atau kue-kue buatan ibu.

    Kurangi minum susu, karena untuk usia 1 tahun ke atas, susu hanya sebagai pelengkap bukan makanan utama seperti nasi dan lauk pauk.

  4. Anak mengikuti kebiasaan orang di sekitarnya

    Anak suka meniru orang-orang di sekitarnya misalnya orang tuanya, kakak, paman, bibi dst. Jadi hati-hati memberikan contoh kepada si kecil. Misalnya kebiasaan buruk orang tua yang suka makan junkfood, makan yang tidak habis, makan yang tidak teratur/malas makan (contohnya saat diet) bisa menyebabkan si anak malas makan. Kebiasaan menyuapi anak walaupun sudah besar menyebabkan si anak tidak terlatih untuk makan sendiri.

    Ubah perilaku buruk orang-orang di sekitar anak, termasuk perilaku makan. Biarkan si anak belajar untuk makan sendiri sejak dini sehingga dia akan terbiasa untuk mandiri.

    Jadi..ibu harus tetap kreatif untuk mencari variasi menu makanan, cara mengolah dan menyajikannya agar si anak suka, bina komunikasi yang baik dengan anak dan selalu bersabar...:okay:

17 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello,
I have developed a new clean web 2.0 wordpress theme.

Has 2 colours silver and blue, has custom header(colour or image).
I am curently working on it, so if you have suggestions let me know.

You can view live demo and download from here www.getbelle.com
If you found bug reports or you have suggestions pm me.
Wish you a happing using.

many thanks to [url=http://www.usainstantpayday.com/]USAInstantPayDay.com[/url] for paying the hosting and developement of the theme

drailaeldefly

Anonim mengatakan...

It's so easy to choose high quality [url=http://www.euroreplicawatches.com/]replica watches[/url] online: [url=http://www.euroreplicawatches.com/mens-swiss-watches-rolex/]Rolex replica[/url], [url=http://www.euroreplicawatches.com/mens-swiss-watches-breitling/]Breitling replica[/url], Chanel replica or any other watch from the widest variety of models and brands.

Anonim mengatakan...

Really fascinating article.

Low cost site optimization service including submissions and on site optimization (sokmotoroptimering).
[url=http://www.smotop.se/smotopbloggen/]Sokoptimering[/url]
http://www.smotop.se

Anonim mengatakan...

online pharmacy and phentermineviagra 90 pills x 100 mg

[url=http://www.bebo.com/buylevitraonline1]buy discount levitra online[/url]

Poppy Gusriharso on 6 April 2010 22.29 mengatakan...

Hi... Temans
Buat yang lagi malas kemana-mana, mending cuci mata yuk ke www.ipopscollections.com or http://tokotaskw1.blogspot.com kenapa, karena di sana matamu akan dimanjakan dengan barang branded, terutama buat kamu kamu yang punya selera tinggi or higg fashion...
Tas tas branded seperti: Lousi Vuitton, Chanel, Hermes, Prada, Tod's, Gucci , Burberry bisa kamu dapatkan dengan harga MURAH
Selain itu juga ada Jam Tangan Branded juga.... seperti Jam Tangan Tag Heure, Chopard, Gucci, Hublot, Bvlgari, Guess Collections dll...

Oh ya, buat kamu yang suka or hobby bisnis, kami juga terbuka loh buat reseller :)
Menyenangkan bukaaan??? yuuuuk mampir ...

Cheers,

Anonim mengatakan...

I love ibunyakayyisa.blogspot.com! Here I always find a lot of helpful information for myself. Thanks you for your work.
Webmaster of http://loveepicentre.com and http://movieszone.eu
Best regards

Anonim mengatakan...

isaac newton dating bible lost years http://loveepicentre.com/success_stories.php who is mila kunis dating

Anonim mengatakan...

[url=http://loveepicentre.com/taketour.php][img]http://loveepicentre.com/uploades/photos/1.jpg[/img][/url]
final fantasy sims dating cheat codes [url=http://loveepicentre.com/success_stories.php]asain dating[/url] dating free herpes site
gay dating in nashville tn [url=http://loveepicentre.com/articles.php]polly dating[/url] dating cabo san lucas
dating site exclusive to us resident [url=http://loveepicentre.com/]bill hemmer dating[/url] dating in arvada co

Anonim mengatakan...

This text is priceless. How can I find out more?

Look at my site - the forex signals

Anonim mengatakan...

[url=http://englandpharmacy.co.uk/products/dipyridamole.htm][img]http://onlinemedistore.com/12.jpg[/img][/url]
walgreens pharmacy locations http://englandpharmacy.co.uk/categories/cardiovascular.htm mark bonfiglio and pharmacy [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/pamelor.htm]colorado pharmacy license[/url]
north carolina board of pharmacy http://englandpharmacy.co.uk/products/benicar.htm pahang pharmacy animal [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/omnicef.htm]omnicef[/url]
wholesale pharmacy http://englandpharmacy.co.uk/products/hair-loss-cream.htm virginia pharmacy test study guide [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/eurax.htm]pharmacy technician schooling[/url]
find location for pharmacy technician certification test http://englandpharmacy.co.uk/products/coumadin.htm pharmacy online pain pills [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/carafate.htm]carafate[/url]

Anonim mengatakan...

makasih bunda buat ilmu'a, beberapa hari ini saya stres bgd liat ank saya gk mau makan sama sekali, mau'a makan sosis doank...

sofabed Jakarta on 3 Januari 2016 14.18 mengatakan...

artikel yang menarik

kasur untuk pesantren on 3 Januari 2016 14.20 mengatakan...

menarik dan sangat bermanfaat artikelnya

kasur inoac purwakarta on 3 Januari 2016 14.24 mengatakan...

artikel yang menarik

kasur inoac on 3 Januari 2016 14.25 mengatakan...

kasur inoac

mecca sofa bed on 3 Januari 2016 14.25 mengatakan...

mecca sofa bed

inoac kasur on 3 Januari 2016 14.27 mengatakan...

inoac kasur

 

Followers

About Me

Saya adalah fulltime Mommy yang ingin berbagi cerita tentang tumbuh kembang putri tercinta Kayyisa Naura Firdaus.

Kayyisa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino